Rabu, 20 Februari 2013

Adu domba




Domba Garut adalah jenis domba yang paling populer di Indonesia. Daging Domba Garut atau Dombrut berbeda dengan daging kambing. Daging Domba Garut memiliki kandungan lemak yang sedikit dan sering dipakai untuk bahan sate domba karena rasa daging Domba Garut sangat enak. Oleh karena kualitasnya yang kelas atas, domba garut jadi pilihan utama untuk aqiqah dan qurban bagi umat muslim.
Berdasarkan wikipedia, asal usul Domba Garut adalah hasil persilangan dari domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia. Domba capstaad sudah ada lebih dulu di Garut, sementara domba merino baru didatangkan ke Garut pada abad ke-19. Dari ketiga jenis domba itulah, lahir varietas baru yang kemudian disebut domba Garut.
Domba garut adalah domba yang berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Dalam bahasa latin disebut ovis aries dan merupakan salah satu satwa varietas unggul Indonesia.
Selain dimanfaatkan dagingnya untuk konsumsi, Domba Garut juga dijadikan aset pariwisata oleh masyarakat Sunda untuk hajatan adu Domba Garut dan merupakan potensi wisata yang setara dengan karapan sapi di daerah Madura.
Cara-cara pemeliharaan domba Garut tidak sembarangan. Selain diberi rumput pilihan, domba ini juga sering diberi susu yang dicampur madu. Belum lagi pemeliharaan fisiknya yang harus tetap dijaga bersih dan sehat.
Peternakan Domba garut Binar Surya Lestari (BS Farm) adalah salah satu peternakan ternama berlokasi di daerah Sukabumi yang memiliki komitmen tinggi untuk membudidayakan varietas Domba Garut ini. Dengan konsep Green Farm Ecosystem, BS Farm mensinergikan antara teknik pemeliharaan domba garut dengan melakukan simbiosis mutualisme bersama perkebunan masyarakat sekitar. Konsep yang smart ini mudah-mudahan menambah keberkahan dan meningkatkan kualitas peternakan Domba Garut Binar Surya Lestari.


1 komentar:

Den Myd mengatakan...

http://tokorestu.com Situs Jualan Kerajinan Kulit berkualitas di Garut

Poskan Komentar